Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Tahun 2021 di Kabupaten Serdang Bedagai

NOTULEN RAPAT

1. Rapat                       : Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Tahun 2021 di Kabupaten Serdang Bedagai
2. Hari/Tanggal         : Jumat / 29 Oktober 2021
3. Tempat                    : di Aula Sultan Serdang Kabupaten Serdang Bedagai
4. Rapat                       : 08.00 wib s/d (selesai)
5. Tertib Acara           :

1. Pembukaan oleh MC
2. Indonesia Raya
3. Pembaca Doa
4. Laporan dari Kepala Bagian Perekonomian
5. Arahan Sekaligus Pembukaan oleh Bupati Serdang Bedagai yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Serdang Bedagai.
6. Launching Website TPAKD
7 . Penyampaian Materi oleh OJK Regional 5 Sumbagut
8. Penyampaian Materi oleh Bank BNI
9. Penyampaian Materi oleh Bank Sumut
10. Penyampaian Materi oleh Bank BRI
11. Penyerahan Simbolis
13. Tanya Jawab
14. Penutup

Pimpinan Rapat :

Sekretaris Daerah Kabupaten Serdang Bedagai
Pencatat : Analis Perekonomian
Peserta Rapat :
1. Kepala Otoritas jasa keuangan kantor 5 sumbagut
2. Asisten perekonomian dan pembanguunan kab. Serdang bedagai
4. Staf ahli Bidang Perekonomian pembangunan dan keuangan kab. Serdang bedagai
5. Kepala Badan Pusat Statistik Kab. Serdang Bedagai
6. Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Serdang Bedagai.
7. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab.Serdang Bedagai
8. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan aset Kab. Serdang Bedagai
10. Kepala Badan Pendapatan Daerah Kab. Serdang Bedagai
11. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Serdang Bedagai
12. Kepala Dinas Ketenagakerjaan, koperasi dan usaha mikro kab. Serdang bedagai
13. Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa kab . serdang bedagai
14. Kepala Dinas Sosial Kab. Serdang Bedagai
15. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Serdang Bedagai.
16. Kepala Dinas Pertanian Kab. Serdang Bedagai
17. Kepala Dinas Kelautan. Serdang Bedagai.
18. Kepala Dinas Katahanan Pangan Serdang Bedagai.
19. Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, pariwisata dan kebudayaan Kab. Serdang Bedagai
20. Kepala Dinas Penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu satu
21. Kepala Dinas kependudukan dan pencatatan sipil kab. Serdang bedagai
22. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Serdang Bedagai
23. Kepala Bagian Protokol Sekretariat Daerah Kab. Serdang Bedagai
24. Kepala Bagian Keuangan Sekretariat Daerah kab. Serdang bedagai
25. Pimpinan Bank SUMUT Cabang Sei Rampah
26. Pimpinan Bank BRI Cabang Sei Rampah
27. Pimpinan Bank BNI 46 Cabang Sei Rampah
28. Pimpinan Bank Mandiri Cabang Sei Rampah
29. Camat Sei Rampah
30. Camat Perbaungan
31. Camat Pegajahan
32. Camat Serba Jadi
33. Camat Pantai Cermin
34. Camat Sei Bamban
35. Camat Tebing Tinggi
36. Camat Tebing Syahbandar
37. Camat Dolok Masihul
38. Camat Dolok Merawan
39. Camat Sipis pis
40. Camat Kotarih
41. Camat Bandar Khalifah
42. Camat Silinda
43. Camat Teluk Mengkudu
44. Camat Tanjung Beringin
45. Kepala Bagian Perekonomian Setdakab. Serdang Bedagai
46. unsur Bagian Perekonomian Setdakab. Serdang Bedagai.

I. Hasil Rapat :

1. Bapak Noor Hafid ( OJK Kantor Regional 5 Sumbagut) :
– Momen memperingati hari inklusi keuangan adalah sebagai salah satu inisiatif yang komplit dalam upaya mewujudkan industri jasa keuangan yang lebih produktif terhadap kesejahteraan masyarakat
– Untuk itu berharap kabupaten Serdang Bedagai dalam hal inklusi keuangan bisa naik kelas baik dari tingkat literasinya, tingkat inklusinya sebab diseluruh dunia ini jika tingkat inklusi masyarakat itunaik maka disitu kesejahteraan masyarakat akan naik pula. Oleh karena itu kewajiban OJK, kewajiban jasa keuangan, kewajiban pemerintah daerah diseluruh masyarakat semua mempunyai kewajiban untuk meningkatkan inklusi keuangan, dimulai dari tingkat anak anak, remaja, hingga dewasa.
– Berdasarkan peraturan OJK No.76 Tahun 2019 tentang peningkatan Literasi dan keuangan, ojok berperan dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, salah satu bentuk komitmen ojk adalah dilaksanakannya UU inklusi keunagan setiap bulan oktober baik secara virtual dan diadakan pertemuan, agar bisa langsung memberikan dorongan terhadap masyarakat agar inklusi keuangan itu lebih baik.
– Berdasarkan hasil survey target inklusi keuangan bisa ditetapkan setiap 5 tahun yakni sebesar 75 % ditahun 2019, dan 90 % di tahun 2024, oleh sebab itu kita bersinergi di tahun 2024 agar bisa kita raih 90 % itu melalui jajaran tim TPAKD.
– Gen antara literasi dan inklusi masih jauh, dimana literasi itu berdasarkan UU di masyarakat menggunakan keuangan yang dimiliki dengan bijak. Sedangkan inklusi itu adalah saat mengeskusinya masyarakat belum paham walaupun kita masih dimasa pademi ini tentu kita harus lebih kreatif lagi.

2. Sekreris Daerah Kabupaten Serdang Bedagai
– Berdasarkan Data statistik, hitam putihnya kab. Serdang bedagai ternyata tergantung statistik, jadi peta awal informasi program untuk menentukan kebijakan program –program di indonesia ini data datanya ada di statistik
– Dalam hal ini pemerintah secara merata menyiapkan pr –pr pembangunan di kab. Serdang bedagai, oleh sebab itu di bulan 12 nanti target kita mencapai dari 46 menjadi 75 % ditahun 2021
– Kita mendapat kepercayaan dari PJPK keuangan kita mendapat pinjaman PEN, PEN nya semua kita arahkan untuk pembagunan infrastruktur.
– Sistem Pemerintah sudah baik, tinggal lagi kita lebih bersinergi dengan mengedukasi jasa keuangan kepada masyarakat terutama para pelajar agar paradigma masyarakat tentang bagaimana meminjam dana agar lebih gampang
– Dan untuk dinas pendidikan agar memanfaatkan yang diberikan oleh pihak perbankan agar semua siswa/siswi mempunyai satu orang satu rekening.

3. Bank BNI (Reni ) :

– BNI merealisasikan inklusi keuangan dengan layanan tanpa kantor (branchless banking concept) dgn nama Agen 46
– Manfaat Keuntungan & Prospek menjadi Agen 46 yaitu melengkapi aktivitas bisnis utama, jaringan kantor layanan yang luas, mudah,murah menguntungkan (tambahan income),mendukung program pemerintah,siapa saja bisa menjadi agen 46 bagi perdagangan (sembako,kelontong, LPG,Pulsa,Pupuk, Apotek Dll),siapa saja bias menjadi agenda bagi Komunitas (bank sampah,kelompok tani, kelompok nelayan dll).
– Agen 46 menyedikan layanan keuangan/ perbankan tanpa kantor untuk mendukung inklusi keuangan

– Value sebagai agen 46 adalah untung pendapatan free transaksi,referral & bantuan promosi usaha, lengkap beragam transaksi yang ditawarkan & aplikasi yang user friendly, tumbuh kesempatan pengembangan modal dengan KUR.
– Value Cutomer Agen 46 adalah mudah dapat melakukan berbagai jenis transaksi & akses produk/layanan menggunakan platform BNI, lebih dekat ke masyarakat tapa harus ke cabang bank
– Persyaratan calon agen
– Warga negara Indonesia
– Belum menjadi agen dari bankkonvensial lainnya
– Menguasai electronic device (handphone,laptop/ pc)
– Fotocopi ktp
– Surat keterangan domisili
– Surat keterangan bekerja dari rt/kepala adat
– Surat keterangan usaha dari rt/kepala adat
– Slipgaji/surat izin usaha
– Fotocopi buku rekening

4. BANK SUMUT (Dzulma Arief Pane):

– Program Qren merupakan layanan yang menghubungkan penjual (Merchant) dengan penerbit alat bayar (Issuer) untuk memberikan kemudahan bagi pembeli dalam melakukan pembayaran secara mobile dengan dengan menggunakan teknologi QR (Quick Response) code.
– Manfaat menjadi merchant yaitu tidak repot, terhindar dari uang palsu, terhindar dari kehilangan,tercatat di system, dapat menerima seluruh transaksi uang elektronik missal ovo, gopay, dana,link aja, promo transaksi.
– Manfaat Sumut Link yaitu penghasilan bertambah,pelanggan bertambah
– Usaha yang dibiaya oleh KUR yaitu usaha yang mengacu pada LBU 19 sektor ekonomi,usaha produktif yang layak dibiayai,bukan merupakan usaha yang melanggar undang undang,usaha telah berjalan minimal 6 bulan
– Kur kecil,Kur Mikro dan Kur super Mikro
– Kredit Mikro sumut bermartabat (KMSB) Merupakan produk kredit yang melayani segmen kredit mikro pada pt.bank sumut.
– Persyaratan kredit Mikro Sumut Bermartabat (KMSB) yaitu
– Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah, maksimal 65 tahun saat kredit lunas
– Telah menjalankan usaha minimal 6 bulan
– Dapat sedang menikmati fasilitas kredit produktif
– Khusus mahasiswa telah menjalani studi minimal semester 6 dengan ipk minimal 2,5 dan melengkapi surat rekomendasi dari pihak unuversitas/fakultas/jurusan/dosen

5. Bank BRI :

– Sosialisasi BRI Link / Laku Pandai yang merupak perluasan layanan BRI dimana BRI menjalin kerjasama dengan nasabah BRI sebagai agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real time online dengan konsep sharing fee.
– Manfaat dan keunggulan BRI LINK adalah BRI pioneer bisnis agen bank,fee yang diberikan kompetitif, fitur paling lengkap,tanpa modal alat, bebas biaya sewa lat, jaringan kerja dan e-channel, pendampingan lebih dari 29.000 tenaga pembina.

6. Musa (UMKM Pengarajin Tahu dolok Menampang) :

Memohon Subsidi Kacang dari Pemerintahan Kab. Serdang Karena Bahan Baku kacang kedelai harganya mahal.

7. Jamal (Tunas Harapan 2 Kelompok tani) :

Meminta bantuan bibit semangka non biji dari Dinas pertanian dan memhon kepada bank bri agar peminjam komersil dipindahkan ke pinjaman KUR.

8. Muhammad Nawawi (kelompok tani/ternak dolok masihul) :

Selaku pribadi pengguna KUR peminjaman setahun tidak mencukupi target pembayaran pada peminjaman KUR agar pihak bank bri dapat memperpanjang menjadi 2 tahun agar tidak terjadi potong paksa pada lembu dan meminta kepada pemerintah kab. Serdang bedagai agar menyediakan rumah pemotongan hewan.

II. KESIMPULAN

1. Melalui inklusi keuangan yang memiliki peranan penting dan strategis sehingga diharapkan dapat menjadi solusi untuk mempercepat PEN akibat pandemi. BIK digelar sebagai salah satu upaya mendekatkan masyarakat dengan produk dan layanan keuangan. Dengan semakin terbukanya akses keuangan masyarakat, penggunaan produk dan layanan keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan akan meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat

2. melalui kegiatan BIK, dapat memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan, serta memberi kemudahan untuk membuka akses keuangan untuk sektor perbankan, pasar modal, perasuransian, lembaga pembiayaan, pegadaian, dana pensiun, fintech, serta e-commerce sehingga dapat memberikan dampak positif dalam mendukung PEN serta pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90% pada akhir tahun 2024.

3. penyerahan bantuan stimulus sarana usaha bagi 10 pelaku UMKM Sergai, kemudian bantuan premi asuransi, bantuan KUR Tani, bantuan Simpanan Pelajar, dan juga dirangkaikan dengan launching website TPAKD Kabupaten Sergai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://jdih.klungkungkab.go.id/